Gubernur Dukung Masjid Taqwa Jadi Ikon Kebanggaan Kota Padang

Gubernur Dukung Masjid Taqwa jadi Ikon Kebanggaan Kota Padang

PADANG, suaramuhammadiyah.id — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan dukungannya untuk memfasilitasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat dalam menarik investor dalam mewujudkan mimpi mengembangkan Masjid Taqwa yang memiliki plaza dan hotel syariah.

“Semua diawali mimpi dan cita-cita. Ini rencana besar yang bisa saja diwujudkan jika ada investor. Untuk itu kita akan berupaya memfasilitasinya,” ungkapnya usai memberikan ceramah agama di Masjid Taqwa Muhammadiyah di kawasan Pasar Raya Padang, Minggu (19/06).

Menurut Irwan Prayitno, pengembangan Masjid Taqwa merupakan ide yang luar biasa. Mengingat, masjid dimaksudkan berdiri di Pasar Raya Padang sebagai pusat keramaian dan jantung kota. Dengan lokasi yang strategis, terdapat potensi keuntungan yang besar mengiringi pengembangan Masjid Taqwa.

“Ini lokasi mahal. Pasti investor tertarik,” tuturnya.

Sebelumnya, Walikota Padang, H Mahyeldi menyatakan dukungannya terhadap upaya pengembangan Masjid Taqwa Muhammadiyah untuk menjadi ikon kebanggaan Kota Padang. “Kami siap menfasilitasi pengembangan masjid Taqwa ini karena letaknya yang strategis dan titik central Kota padang,” ujarnya.

Mahyeldi juga memberikan bantuan Rp10 juta kepada pembangunan masjid Taqwa Muhammadiyah Padang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr Drs Shofwan Karim Elha, MA mengatakan, rencana pengembangan Masjid Taqwa sebenarnya bukan hal baru, karena cetak biru tentang rancangan bangunan Masjid Taqwa telah digambar sejak lama.

“Sejak zaman Walikota Padang masih Hasan Basri Durin, blue print Masjid Taqwa sudah ada. Bangunan ini terhubung dengan Balaikota dan Pasar Raya, serta memiliki parkir bawah tanah. Kita sampaikan ini ke Walikota sekarang. Beliau mendorong untuk diwujudkan,” terangnya.

Menurut Shofwan Karim jika pengembangan Masjid Taqwa terwujud, maka salah satu masjid terbesar di Indonesia selain Masjid Raya Sumatera Barat saat ini, layak dijadikan ikon. Untuk pengembangan, dibutuhkan penambahan lahan serta dana pembangunan yang cukup besar. Saat ini pengurus masih melakukan perhitungan serta mematangkan rencana. Terkait target merealisasikan Masjid Taqwa yang lebih modern dan terintegrasi, menurut Shofwan Karim belum bisa ditentukan.

“Bisa jadi cepat terwujud, kalau secepatnya ada investor. Kita tidak bisa targetkan, tapi optimis dulu dan ikhtiar,” pungkasnya (RI).

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil

Demang Loetan Dt. Rangkayo Maharajo, Mandiri dan Islami