Shofwim Shofwan, Menggali Potensi di Era Kompetisi



Padang, 13/8/2020. 

Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB) meneruskan Webinar (Web Seminar) digital, Kamis, 13 Agustus 2020. Kali ini Fakultas Teknik, Pusat Pengembangan Bakat Mahasiswa menjadi host. Tema yang dibahas adalah, "Menggali Potensi di Era Kompetisi". Sebagai pemateri Wakil Wako Payakumbuh, H. Erwin Yunas, SE., MM,. Chairman $ CEO OKE Professional PT. Optima Karya Elegan, Jakarta-Bandung, Shofwim Shofwan, S.Psi., M.B.A.,  Dekan Fak Pariwisata UMSB Moch. Abdi, SE., MM.. Sementara sebagai Keynote Speaker, Dr. H. Shofwan Karim Elhussein, B.A., Drs., M.A.

Webinar yang diantar oleh Dekan FT Masril, MT, MC Ana Susanti Yusman, M. Eng dan dibuka oleh WR I Dr. Weddy Nasrul, M.Si berlangsung hangat. Sementara bertindak sebagai  moderator adalah Hariadi, M.T., mengatakan bahwa Webinar ini amat penting bagi mahasiswa untuk menjadi fondasi kemampuan profesionalnya nanti setelah selesai studi.

Wawako Payakumbuh mengemukakan potensi yang banyak harus dipilih yang paling mungkn untuk menjadi kompetens sesuai dengan keadaan aman dan kebutuhan. Misalnya Payakumbuh yang dulu hanya dikenal sebagai kota batih dan gelamai. Kini menjadi kota rendang. Kini akan ditambah dengan kompetensi dan keunggulan lain di bidang petanian. 

Sementara itu Shofwim Shofwan, meminta semua mahasiswa menggali potensi menjadi kompetensi. Potensi yang di olah itu yang menjadi modal utama berkompetisi. Bersaing satu sama lain. Namun dengan kolaraborasi yang win-win solution. Kompetisi sekarang sudah  dunia dan bersaing dengan robot. Kini artificial intelligent , tidak cukup tanpa kereativitas dan inovasi. Untuk mahasiswa harus punya IPK tinggi. Tetapi tidak cukup di situ . Harus lebih. Jadi jangan hanya sesuai SOP.  Lakukan terobosan mulai menggali dari diri sendiri. Pada dasarnya potensi itu secara garis besar adalah potensiluar dan potensi dalam atau  fisik dan psikhis.

Untuk itu semua setiap diri mahasiswa buat 3 T. Tentukan potensi apa; Tongkrongi, seriusi dan perdalamkan potensi yang kita unggulkan; dan Tuntaskan. Selesaikan potensi itu dan branding diri. Marketing diri. 




Komentar

Penting dan ini perlu diteruskan ke Melineal Gan.

Postingan populer dari blog ini

Shofwan Karim, Obituari Buya Mirdas Ilyas (3): Satu Rumah-Posko Bersama

Sejarah Tahlilan