Pidato Milad 106 Ketua PWM Sumbar

@Pidato Milad 106 Pulau Punjung 20 Feb 2019

Assalamualaikum warahmatullahi wb.

Yth. Ketua Umum dalam hal ini Sekretaris Umum PPM Dr. H. Abdul Mu'ti, M.Ed.

Yth. Gubernur Sumbar Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, PSi, M Sc.

Bupati Dharmasraya Bp. Sutan Riska, Tuanku Kerajaan, SE

Wakil Bupati Amrizal Datuk Rajo Medan

Kapolda Sumbar diwakili

Yth. KBP. Nasrun Fahmi

Dirbinmas .

Rektor UMSB dan Rektor Unand, UIN, UNP serta Univ dan PTN -PTS yg hadir dan mengirim ucapan  selamat.

Yth. Ketua DPRD Kab Dharmasraya Bp.  H. Masrul Ma'ad

Yth. Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kabupaten, Ketua Pengadilan, Dandim, Kapolres, Kejaksaan Negeri

Kepala OPD dinas Kab

Kakamenag.

Yth. KPU dan Panwaslu Kab

Yth Ketua dan Pimpinan Ormas NU, Tarbiyah, Perti dan segenap Ormas di Provinsi, kabupaten dan kota se-Sumatera Barat.

Ketua PWA, Ketua2 PDM-PDA, Ortom TK Wilayah dan  Daerah

Ketua2 PCM, PCA, PRM, PRA.

Pimpinan dan Tokoh Amal Usaha Muhammadiyah.

Yth. Ketua PDM Kab. Bungo Jambi

Yth Kepala2 Sekolah, Madrasah Mudir dan Pimpinan  Pesantren yg hadir.

Yth. Para undangan istimewa Ketua2 Partai, Ketua2 Ormas, Tokoh Masyarakat, Ninik mamak, Alim Ulama, cerdik Pandai, Tokoh Pemuda-i,Tokoh Wanita.

Yth. Undangan khusus para legislator dan calon yg datang dari pusat, provinsi dan kota & kabupaten. Kelihatan hadir Al :

1. Leonardy Harmainy

2. Alek Indra Lukman

3. Darul Siska

4. Helmi Panuh

5. Desi Asmaret

6. Ari Prima

7. Shofwim Shofwan

8. Zainal Akil

9. Asli Khaidir

10. Apris Yaman

11.

Yth. Rekan2 Wartawan Media Cetak, Elektronik dan digital on-line.

Ketua dan anggota Panitia Wilayah dan daerah.

Para Pendukung acara.

Hadirin dan hadirat yg mewakili warga Muhammadiyah seluruh Sumbar dari  Pasaman Barat paling ujung sampai ke Solok Selatan dan Dharnasraya, dari Timur 50 Kota sampai ke Barat, Mentawai dan Pessel.

Hadirin hadirat yg dirahmati Allah.

Marilah kita secara bersama-sama memuji Allah SWT dan bersyukur atas Rahman dan Rahim-Nya dapat berkumpul siang dan sore ini untuk memperingati hari lahir Muhammadiyah ke 106 tingkat wilayah atau provinsi. Ini merupakan puncak peringatan di Sumbar setelah Kota dan Kabupaten melaksanakan maksud yg sama utk tingkat PDM di seluruh Sumbar.

Atas nama PWM, kita berterimakasih kepada Sekretaris Umum PP Muhammadiyah di tengah kesibukan dapat memenuhi undangan kita utk memberikan Tausiyah Milad 106, dg Tema TA'AWWUN UNTUK NEGERI

Terimakasih tak terhingga kita sampaikan kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekda dan  segenap perangkat Pemkab Dharmasraya bersama PDM Dharmasraya yg menjadi Tuan Rumah hajat ini .

Sekum, Gubernur dan Bupati hadirin-hadirat yg kami hormati.

Sebagai tahun sebelumnya kita memperingati hari berdiri Muhammadiyah untuk Tk Wilayah di Kota dan Kab yg berbeda.

Tahun ini sengaja kita pilih Dharmasraya untuk memberikan penghargaan kepada Muhammadiyah di sini.

Apa lagi kita mendapat dorongan, sambutan dan bantuan yg amat berharga dari Pemkab dan masyarakat di sini baik untuk tempat, akomodasi dan konsumsi, serta kemudahan lainnya.

Selanjutnya PWM untuk tahun Takwim 2018 dan awal 2019 ini  menyampaikan penghargaan dan mengaturkan  ucapan terimakasih kpd Gubernur dan DPRD Provinsi dan Forkompimprov  yang telah membantu PWM dan Ortom Tingkat Wilayah atau Provinsi.

Kita berterimakasih kepada Bupati dan Walikota, DPRD  dan Kab dan Kota.

Selanjutnya kita berterimakasih TNI, Polri, BIN, Pengadilan dan Kejaksaan di Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Hal yg sama terimakasih kepada  lembaga formal dan masyarakat yg telah mendorong dan membantu setiap gerak langkah Muhammadiyah dalam pengkhidmatannya kepada umat, masyarakat dan kemanusiaan di setiap jengkal bumi Sumbar.

Kita  berterimakasih kepada peneruka, pendiri,  pendahulu Muhammadiyah melalui keluarga pejuang  Muhammadiyah di berbagai nagari, kecamatan, kabupaten dan kota,  sejak wujudnya Muhammadiyah di Yogyakarta 8 Zulhijah 1330 H atau 28 November 1912 dan   berdirinya Muhammadiyah di Padang Panjang 25 Mei 1925 yg didahului dg wacana di Maninjau kemudian bersebar di seluruh lurah dan bukit, ranah darek dan rantau wilayah Sumbar dg kokoh sampai sekarang. 

Kita mendoakan mereka mendapat tempat surga jannatun naim, kelak kemudian hari.

Kewajiban kitalah mengkibar geleparkan panji Muhammadiyah setiap saat sepanjang

hayat dan nafas kita.

Kiranya kita selalu introspeksi diri sebagai perorangan warga, sebagai pimpinan setiap tingkat dan jajaran, sebagai kader  dan pejuang Muhammadiyah apa yg sudah kita laksanakan dan apa lagi yg akan kita lanjutkan dan sempurnakan.

Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ بِۢمَا تَعْمَلُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."

(QS. Al-Hasyr 59: Ayat 18)

Selanjutnya, kepada Allah SWT kita bersyukur dan kepada pihak2 yg membantu kita berterimakasih.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku. – (Q.S Al-Baqarah: 152)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambahkan nikmat-Ku kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih”. – (Q.S Ibrahim: 7).

Kepada kita semua Warga dan Pimpinan, mari kita perkokoh kerjasama dan kebersamaan, strategic partnership, berbimbingan dg berbagai pihak. Terutama pemerintah, sebagai Ulil amri,  TNI dan Polri penjaga dan garda umat dan bangsa.  Mereka adalah kita. Mereka ini dari kita, oleh kita dan untuk kita.

Meski kita harus selalu mandiri dan berkata:  tangan di atas lebih mulia dari tangan di bawah, tidaklah berarti kita harus ekslusif dan membuat jarak dengan yang lain.

Sebaliknya kita harus menjaga kedekatan tanpa harus merasa menjadi pengekor. Kritis tetapi konstruktif, tanpa menghina, menuduh dan memojokkan diri sendiri dan pihak lain.

Sekum, Gubernur dan Bupati hadirin-hadirat yg kami hormati.

Tahun ini milad kita khusus yg bertepatan dg 2 bulan 7 hari lagi kita akan memasuki  mekanisme demokrasi  kepemimpinan nasional Pileg dan Pilpres.

Kita menghimbau khusus warga Muhammadiyah dan umumnya masyarakat dan warga Sumbar dapat menunaikan tugas, hak dan kewajiban demokrasi itu dengan iman, akal sehat, kalbu atau hati yg jernih dan bening .

Warga Muhammadiyah jangan goyang terombang ambing karena hasutan, hasad, ghiba, dengki fake-news dan hoax. Selalulah saling bertabayun. Jangan terjerumus kepada perilaku tercela apa lagi memfitnah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جاءَكُمْ فاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْماً بِجَهالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلى مَا فَعَلْتُمْ نادِمِينَ (٦)

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan kamu itu .

(Qs. al-Hujurat : 6).

Akhirnya, marilah kita bertafakur mengingat Allah,  setiap waktu siang dan malam berbuat kebaikan, fastabiqul khairat.

Nasrun minallaah wa faathun qarib wa basysyril mu'minin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ketua, Shofwan Karim.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shofwan Karim, Obituari Buya Mirdas Ilyas (3): Satu Rumah-Posko Bersama

Sejarah Tahlilan