Kaji-JumPa-Mu, 09.10.2020: Asbabun Nuzul dan Relevansinya dengan Kehidupan Ummat Berkemajuan
Kaji-JumPa-Mu, 09.10.2020:
Asbabun Nuzul dan Relevansinya dengan Kehidupan Ummat Berkemajuan
Link YouTube Kajian dari awal sampai selesai dan tanggapan utama serta spontan dari pakar dan ulama yang hadir Kaji-JumpaMU 09.10.2020
Moderator, Suprizen, M.A., Dosen-Muballigh-Ketua Alumni Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah Sumbar (Dok-JumpaMu)
Berikut transkrip tanggapan utama oleh Dr. Zulhedi, M.Ag Sekretaris MTT PWM SB dan Dekan FTIK UIN IB Padang-Sekretaris MTT PWM Sumbar.
Asbabun Nuzul (Tanggapan)
·
(1) Sangat
penting
o
Ibn Daqīq al-Ῑd
o
بَيَانُ
سَبَبِ النُّزُوْلِ طَرِيْقٌ قَوِيٌّ فِى فَهْمِ مَعَانِى الْقُرْآنِ
Penjelasan
tentang sebab turun ayat merupakan metode yang kuat dalam memahami makna-makna
al-Qur’an
o
Ibn Taimīyah
o
مَعْرِفَةُ
سَبَبِ النُّزُوْلِ يُعِيْنُ عَلَى فَهْمِ الآيَةِ فَإِنَّ الْعِلْمَ بِالسَّبَبِ
يُوْرِثُ الْعِلْمَ بِالْمُسَبَّبِ
Mengetahui sabab
nuzūl membantu dalam memahami suatu ayat, karena mengetahui sebab menghasilkan
ilmu (pengetahuan) yang disebabkan (akibat)
o
Al-Wâhidî (w. 427 H)
o
لاَ
يُمْكِنُ مَعْرِفَةُ تَفْسِيْرِ الآيَةِ دُوْنَ الْوُقُوْفِ عَلَى قِصَّتِهَا
وَبَيَانِ نُزُوْلِهَا
Tidak mungkin
mengetahui tafsir suatu ayat tanpa mengetahui kisah dan penjelasan tentang
sebab turunnya
·
(2) Tidak
semua punya sebab, jangan memaksakan
o Sifat (posisi) ayat-ayat al-Qur’an
·
Responsif atau ada sebab
terlebih dahulu (sababi).
·
Inspiratif atau tanpa
adanya sebab yang mendahului (ibtida’i)
o 6236 ayat, 555 peristiwa, 944 bersabab
(15,14%), 5292 tidak bersabab (84,86%)
·
Beberapa contoh jumlah ayat
yang memiliki asbab al-nuzul
o 2 (110/286), 3 (56/200), 4 (66/176), 5
(37/120).
·
Surat yang tidak memiliki
asbab al-nuzul
o Makkiyah (1, 27, 67, 71, 84, 85, 90, 91, 101
[qariah], 103 [‘ashr], 105 [fîl])
o Madaniyah (64, 98).
o Jumlah ayat
·
·
o Cara mengetahui sabab nuzul
·
Hanya melalui riwayat dari
sahabat yang mengetahui turunnya
o Butuh analisis mendalam dari berbagai riwayat
o Tidak sembarang orang bisa bicara masalah ini
(orang khusus, mampu mendalami)
·
Riwayat tabi’in?, ada 4
syarat (untuk sampai ke riwayat mursal)
o Ungkapan jelas menggunakan kata sebab
·
سَبَبُ
نُزُوْلِ هَذِهِ اْلأَيَةِ هَذَا
·
حَدَثَ
هَذَا ... فَنَزَلَتِ الأَيَةُ ...
·
سُئِلَ
رَسُوْلُ اللهِ عَنْ كَذَا ... فَنَزَلَتِ اْلأَيَةُ ...
o Isnadnya sahih
o Tabi’in yang termasuk imam tafsir yang
mengambil dari sahabat
o Mendapat penguatan dari riwayat tabi’in lain
yang memenuhi syarat
·
Merujuk ke kitab-kitab
utama
o Asbāb al-nuzūl (Abū
al-Ḥasan Alī al-Wāḥidī)
o Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb Nuzūl (al- Suyūṭī w.
911 H).
o Tapi ada juga yang merujuk kitab tafsir
·
2 kitab di atas disinyalir
banyak mengandung hadis lemah, bahkan lemah sekali (dha’īf jiddan), menjadi
tertolak (mardūd)
o Jika memang tidak ada, meyakinkan, jangan
dipaksakan, apalagi diketatkan, hanya salah alat bantu pemahaman
·
العِبْرَةُ
بِخُصُوْصِ السَّبَبِ لاَ بِعُمُوْمِ اللَّفْظِ
·
(3) Asbâb
al-nuzûl al-jadîd (dalam paradigma tafsir kontemporer)
o Upaya kontekstualisasi (umat berkemajuan)
·
Asbâb al-nuzûl al-jadîd,
konsekuensi kemajuan, butuh, fresh ijtihad
·
Qur’an dipahami sebagai
wilayah ajaran (das sollen) dan wilayah realita (das sein); Perbedaan konteks
dan ideologi penerima hadis (agent) dengan pembaca teks (reader) membuat sifat
hadis menjadi kaku dan formal
·
Amin Abdullah, cs “Metode
Kontemporer dalam Tafsir Al-Qur’an: Ketersalingan Asbab al-Nuzul al-Qadim dan
al-Jadid dalam Tafsir Qur’an Kontemporer”
o Ayat 62:9-11
·
Qadim, bubar, terpedaya
perniagaan atau perdagangan
·
Jadid, sibuk SMS, Facebook,
game, pacaran
o Ayat zina 24:4
·
Sulit, cukup diperiksa
dokter, tes DNA setelah lahir, bisa manfaatkan CCTV
o Sangat penting direspon dengan kritis.
Komentar