MTsM-MAM PPM Al-Kautsar: Mengejar Mutu dan Keunggulan

DR. Anwar Abbas dan Santri Hafiz Al-Quran 30 Juz dalam 40 hari (Foto:SK)


Jum'at, 16 November 18 di PPM Al-Kautsar Pk. 13.30 sd 15.00  dan di SD Full Day School, Pk. 09-11.00 , Sari Lamak, 50 Kota, diadakan dua agenda. Tabligh Pendidikan, dengan Narsum Prof Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Ketua BAN Sekolah dan Madrasah Sumbar, yang juga Gubes UNP serta Ketua PP Muhammadiyah yang juga Sekjen MUI Pusat, Dr. H. Anwar Abbas, MM., MA. 
Prof. Dr. H. Syufyarma Marsidin, M.Pd di Al-Kautsar, 16 Nov 2018 (Foto: SK)

Paginya didahului dengan konsultasi terbatas PP Muhammadiyah, Majelis Dikdadasmen Wilayah dan PDM -PDA 50 Kota, Panitia Pembangunan Gedung SD Full Day serta Kepala Sekolah dan guru-guru. Pertemuan menindaklanjuti program pembangunan gedung dan kemungkinan memiliki gedung yang sekarang dikontrak pinjam-pakai.




Hadir, Ketua PWM Dr. H. Shofwan Karim Elhussein, MA bersama Wakil Ketua DPRD Sumbar Drs. H. Guspardi Gaus, MBA., M.SI dengan Ketua dan Wakil Ketua serta Sekretaris Majelis Dikdasmen PWM Sumba. Dr. (Can) Drs. H. Ilpi Zukdi, M.Pd, H. Drs. Zainal Akil, M.Pd dan Afdi, S.Ag., M.Pd. 

Drs. H. Guspardi Gaus, MBA., M.Si bersama Prof. Sufyarama dan Dr. Anwar Abbas di Al-Kautsar, 16.11.18 (Foto:SK)













  
PDM 50 Kota dan PDM Kota Payakumbuh hadir bersama Ketua D. H. Afifi Fauzi Abbas, MA dan Drs.  H. Ashril Syamsu bersama Ortom, dan Pimpinan AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) setempat.

Ketua PWM meminta Mudir, Guru dan Orang Tua Santri, serta segenap warga dan pimpinan Muhammadiyah mendorong dan membantu  PPM Al-Kautsar terus melakukan peningkatan mutu proses belajar pengajar, sarana dan prasarana.  Ketua memberi apresiasi tinggi kepada PPM Al-Kautsar Islamic Centre Muhamamdiyah Lukman Harun ini. Meminta saling berkolaborasi dan bersinerji baik internal maupun eksternal.

 Di Sumbar ada 136 AUM pendidikan yang tersebar di 19 Kota dan Kabupaten. Di antaranya17 Madrasah dan Pondok Pesantren Modern (PPM) yang menonjol di samping Al-Kautsar ada   MAM KMM Kauman Padang Panjang, PPM Muallimin Sawah Dangka Agam, al-Mumtaz Solok. Selain itu yang terus pula  berbenah, MAM dan MTsM Saning Bakar dan Sumani, Kab Solok,  Lakitan Pessel, Ujung Gading Paman Barat, MAM dan MTsM T Bonai Lintau dan  Batu Taba, Tanah Datar, MAM dan MTsM Tanjung Ampalu Siju njung,  Pulau Punjung Dharmasraya, MAM dan MTsM Matur dan Salareh Aie Agam, Pangkalan Koto Baru, Mualimin Kubang, 50 Kota, dan lainnya. 

Mudir PPM Al-Kautsar, Dafri Harweli, S.Ag.,  M.Pd menginformasikan kegiatan utama proses belajar pengajar, kegiatan ekskul, keunggulan tahfiz, studi kelompok., ekstra kemampuan bahasa asing Arab, baca kitab dan Bahasa Inggris, Olahraga dan Seni serta kunjungan rihlah ilmiah dalam dan luar negeri

Sufyarman memuji visi dan misi PPM Al-Kautsar dan meminta terus dilakukan evaluasi dan perbaikan. Untuk proses belajar pengajar, dilakukan oleh Pondok secara optimal. Keunggulan  tahfiz Quran seperti santri yang hafiz dalam maktu 40 hari mampu 30 juz al-Quran, kemampuan Bahasa Arab dan baca  kitab gundul, Bahasa Inggris,  kemampuan kinetik olah raga yang kian maju sekarang ini, terus ditingkatkan.



Hal itu disambut oleh Dr. Anwar PP Muhammadiyah yang sangat kagum dengan beberapa program tadi disaksikan sebelum acara dimulai dalam penyambutan penampilan seni dan olan raga serta haflah al-Quran. Istimewa program tahfiz Quran. Yang sangat mencengangkan Dr. Anwar ada santri yang mampu hafal Al-Quran 30 Juz dalam tempo 40 hari. Ketika santri itu ditanya bagaimana caranya, ternyata biasa dan normal saja. Belajar, ibadah, makan-minum dan tidur seperti aruran reguler pondok. 

Anwar Abbas meminta semua stake holderatau pemangku kepentingan PPM Al-Kautsar selalu berta'awun, kompak dan terus membina kerja sama dengan pihak lain memajukan PPM ini.  Di dalam pemenuhan  sarana prasarana diminta beberapa pihak yang antara lain nadir pada waktu itu Bank Syariah Mandiri dan Wakil Ketua DPRD Guspardi Gaus turut membantu . 

Semnentara sekarang  sudah ada dan tinggal meresmikan dari  Bank Mega Syariah membangun 3 lokal, UAD Yogyakarta 1 lokal dan Baznas Pusat 2 lokal . Sbebelumnya Sudahberdiri bantuan dari Kementerian PUPR RI diresmikan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin beberapa waktu yang lalu Rusunawa Santri 3 lantai 34 kamar.***


Anwar, istri dan Guspardi bersama ibu dan santri putranya yang hafiz 30 Juz Al-Quran dengan metode Daurah 40 hari, (Foto: SK)






Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Buya Pulang Kampung

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil