Muhammadiyah dan Ortom Gelar Silaturahim dan Tukar Pikiran Bersama Gubernur Sumbar


http://m.minangkabaunews.com/artikel-11619-muhammadiyah-dan-ortom-gelar-silaturahim-dan-tukar-pikiran-bersama-gubernur-sumbar-.html

Muhammadiyah dan Ortom Gelar Silaturahim dan Tukar Pikiran Bersama Gubernur Sumbar

PADANG - PW Muhammadiyah Sumbar bersama Ortom menyambangi istana Gubenuran Jalan Sudirman nomor 1 Padang, Jumat (10/2/2017). Silaturahim ini dipimpin langsung Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Buya Dr. Shofwan Karim Elhusein. Mereka diterima dengan hangat oleh Gubenur Sumbar H. Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memberikan apresiasi tinggi kepada PW Muhammadiyah Sumbar yang terus bergerak dakwah amal makruf nahi mungkar dengan berbagai program kendati tidak mendapat bantuan APBD. "Saya salut dengan Muhammadiyah yang terus bergerak demi umat," ujar Gubernur

Irwan mengharapkan Hubungan baik antara pemerintah dengan Muhammadiyah harus terus dijaga dan ditingkatkan, dengan adanya pertemuan rutin yang bisa diatur jadwalnya. 

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Buya Dr Shofwan Karim Elhusein mengatakan Hari ini memang sangat luar biasa, karena bisa sharing dan bertukar pikiran bersama Gubernur Sumbar, pertemuan itu membahas sejumlah agenda penting yang diawali persoalan tanah Muhammadiyah Ranting Singkarak yang perlu segera dibuatkan APAIW (Akta Pengganti Akta Ikrar Wakaf) sehingga legalitas hukumnya menjadi lebih kuat. 

Shofwan juga menyampaikan pengutan ekonomi umat melalui Mentari Swa-MMart, Sadaqah Mart dan program Penggemukan Sapi yang masih terkendala.

Kemudian persolan aset yang belum maksimal pemberdayaan Pesantren Rusunawa AL-Kautsar Islamic Center Lukman Harun Muhammadiyah di Limapuluh Kota siap untuk diresmikan pemakaiannya. Ponpes Alkautsar akan menggelar Studi banding ke Singapura dan Malaysia. Gubernur diminta bisa menghadiri peresmian, Waktu sedang dikonsultasikan ke para pihak. 

Selain itu, Shofwan juga menyampaikan PPUM Angkatan kedua akan dilaunching pada 18 Februari 2017 di Masjid Taqwa, yang diikuti 20 mahasiswa.

Terkait dengan dana hibah bansos, katanya, Bukan hanya MUI tetapi juga Muhammadiyah kesulitan keuangan. Dana yang dikumpulkan dari Baznas Provinsi dan Kota/Kab dapat pula disalurkan sesuai persentase asnaf fisabilillah dan amil untuk membantu kegiatan Ormas. Namun Perlu fatwa dan kemauan Gubernur untuk dapat membiayai program Ormas yang penting dan relevan tersebut.

Untuk pembiyaan MUI maupun ormas, lanjutnya, Baitul Mal-Baznas dan UPZ bisa dioptimalkan Mungkin tidak mencukupi tetapi setidaknya bisa terbantu. Kemungkinan kerjasama OPD/SKPD dalam berbagai program. Tempat, peserta dan agenda oleh Ormas sesuai kemungkinan dan mata pendanaan oleh OPD/SKPD.

Gubernur sebagai pemimpin tertinggi di Sumbar pada dasarnya adalah pembina, pengayom dan penasihat Ormas. Katanya, diperlukan selalu diskusi dan silaturrahim yang regular dan rutin. Hal-hal yang salah paham akan terjembatani dan masalah-masalah dicari solusi bersama secara bijaksana. 

Wakaf Uang dan Lazismu terus bergerak tetapi dananya belum mampu untuk dikapitalisasikan kecuali untuk Lazismu sudah didistribusikan kepada Mustahiq. Lazismu akan dibentuk di 16 kab/kota. Yang ada baru di PWM, PDM Pariaman dan PDM Payakumbuh. 

Terkait UMSB, lanjutnya, Akreditasi 22 Prodi sudah sebagian besar akreditasi B, prodi baru dua yakni pengisi IPA dan Matematika. Gedung baru Fakultas Hukum UMSB di Bukittinggi memasuki tahapan pengecoran lantai 4.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar Dra Hj Meiliarni Rusli mengatakan Aisyiyah akan menggelar Pengajian dengan menghadirkan Ketua Umum PP Aisyiah pada bulan Maret mendatang.

Program Aisyah TB Care Capacity Building Nasional di Yogtakarta. Aisyiah akan mendirikan SMK Pariwisata sebagi upaya melaksanakan wisata halal Sumbar dan nawacita Jokowi. Untuk pertama ini direncanakan dua prodi Perhotelan Syariah dan Tata Boga. 

Lanjutnya, RSA Padang sudah menjadi tipe C dan Akper sudah terakreditasi B serta Pusbakumpun sudah berdiri di tiga PDA (Padang, Pariaman dan TD) dan program TB CARE HIV di PWA dan 4 PDA (Padang, BKT, Kota Solok dan Kota Pariaman)

Tak ketinggalan NA dan IPM juga akan menggelar Muswil terpadu pada 25 Februari 2017 mendatang. (RI)

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Buya Pulang Kampung

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil