Ashril Syamsu dan UMSB: Dari Mahasiswa, Pegawai Pustaka, Melayani Buya hingga Ketua Panitia Pengembangan Kampus II

 



[09.09, 23/11/2020] Ashril Syamsu Ketua PDM: 65 Tahun UMSB. 

Saya secara pribadi berterima kasih pada UMSB yg telah banyak memberikan jasa kepada kehidupan dan karir saya. Setengah hidupku berada bagian UMSB. Saya pernah menjadi bagian dari UMSB. Sejak 2 Januari 1970 saya mendaftar sebagai mahasiswa pada Fak.Ilmu Agama jurusan Dakwah (FIAD) Pd.Panjang. 

Waktu jadi mahasiswa saya diangkat jadi pegawai Pustaka UMSB Kampus II Kauman Pd.Panjang. Waktu mhs saya juga diangkat jadi pegawai pada Mess Dosen UMSB di Jln Pak Lambiak. Tugas saya disamping jaga kebersihan, juga melayani Dosen FIAD dan Faktar UMSB yg nginap seperti Buya Iskandar Zulkarnaini (By Zul), Buya Zainul Abidin Syuib (ZAS), Syofyan Ras Burhany, dll. Juga pernah melayani tamu dari Pimp.Pusat seperti Pak AR, Buya Syafii Maarif.

Pada tgl 3 April 1982 saya diangkat jadi Sekretaris Panitia Persiapan Pendirian STKIP(FKIP) UMSB Pd.Panjang dg SK PWM Sumbar no.007/SK-PWM-SB/1982.  Ketuanya Drs.Abdul Kadir Kepala Kandep Dikbud Kota Bukittinggi. Waktu itulah saya baru pertama kali membuat Proposal Persiapan Pendirian STKIP Muhammadiyah yg akan dikirim ke Kopertis Wil I di Medan. Tgl 5 April 1983 terbitlah izin operasional STKIP. Seiring itu Kopertis Wil I Medan menyetujui eksistensi UMSB, maka STKIP berubah jadi FKIP UMSB di Pd.Panjang dg Pimpinan:

Drs.Abdul Kadir (Dekan), Drs.Ishaq Thaher (Pudek I), Drs.Bakar Hatta (Pudek II), Drs.Sukarta Fuaddin (Pudek III), Drs.Ashril Syamsu (Pudek IV). Sekaligus saya juga sebagai dosen AIK di FKIP. Seterusnya th 1983 saya diangkat jadi pegawai Kementerian Agama Kab.50 Kota maka saya pindah ke Payakumbuh dan saya berhenti dari FKIP dan bergabung dg Fak. Pertanian UMSB Payakumbuh. Lalu saya diangkat jadi dosen AIK dan Pudek IV. Tahun 1998 saya jadi Kepala Kantor Depag (Kemenag) Kota Pd.Panjang. 

Pada 2005 saya diangkat lagi jadi Ketua Panitia Pengembangan UMSB Kampus II Pd.Panjang oleh Rektor add. Shofwan Karim. Kita masukan permohonan bantuan ke Gubernur shg dapat membangun lokal kuliyah UMSB sebanyak 8 lokal, Waktu Milad 80 Pendidikan Kauman Pd.Panjang saya juga diangkat jadi ketua Panitia, kita mengundang Pak Yahya Muhaimin Menteri Diknas sekaligus memberikan permohon bantuan kita dapat 1 M, itulah yg kita gunakan utk pengadaan 1 unit alat labor komputer dan membangun kantor dan setengah aula UMSB. 

Saya bergabung kembali jadi dosen AIK FKIP UMSB Pd.Panjang sd 2017. Saya terikat sebagai bagian UMSB selama 35 th.Dirgahayu 65 Th.UMSB (Ashril Syamsu Payakumbuh).



Inilah bangunan gedung ruang belajar, kantor, labor dan aula yg sdh kita bangun ketika saya jadi Ketua Panitia Pengembangan UMSB Kampus II Pd.Panjang bersama Sdr.Mardalis, dan kawan2 lainnya.

[09.32, 23/11/2020] Meiliarni RUSLI: Ondeh lengkap Dokumen nyo kawan  hebat 👍👍 dari anduang

[09.46, 23/11/2020] Hendri Novigator Novigator: Syukron Pak Asril Syamsu. Smg semangat pak Asril Syamsu terus mengalir ke semua pimpinan da civitas akademika UMSB.

Milad 65 tahun UMSB 2020 dg tema " Tigo Tali Sapilin Tigo Tungku Sajarangan"



[10.01, 23/11/2020] Ashril Syamsu Ketua PDM: Waktu kami wisuda Sarjana Muda di FIAD UMSB Pd.Panjang th 1973[10.01, 23/11/2020] Ashril Syamsu Ketua PDM: Waktu kami wisuda Sarjana Muda di FIAD UMSB Pd.Panjang th 1973 . (Foto. Dok.AS/WA)



Inilah ketika saya mhs.FIAD UMSB Pd.Panjang th 1971 
bersama Meiliarni Rusli dan M.Yunan Yusuf. (Dok.AS/WA)










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shofwan Karim, Obituari Buya Mirdas Ilyas (3): Satu Rumah-Posko Bersama

Sejarah Tahlilan