Ponpes Al Kautsar Membanggakan

Terima Audiensi Ponpes Alkautsar, Ketua PWM Sumbar : Kami Bangga dengan Capaian PPM Alkautsar

Terima Audiensi Ponpes Alkautsar, Ketua PWM Sumbar : Kami Bangga dengan Capaian PPM Alkautsar
PADANG - Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. H. Shofwan Karim dan sejumlah Pimpinan PWM lainnya menerima audiensi Pengurus Ponpes Modern Muhammadiyah (PPM) Alkautsar Muhammadiyah Tanjung Pati Kabupaten 50 Kota sumatera Barat. Delegasi Ponpes Alkautsar dipimpin langsung oleh Mudir Dafri Harweli di Aula Pleno PWM Sumbar, Selasa, (3/4/2018).
Dalam pertemuan tersebut, delegasi Ponpes Alkautsar ustadz Dafri Harweli menyampaikan seputar perkembangan pondok pesantren. 
Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Dr. H. Shofwan Karim Elhusein memberikan apresiasi dan bangga dengan pencapaian Ponpes Al-Kautsar hingga saat ini. "Dalam masa 5 tahun kita sudah mampu membangkitkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga kita," ujarnya. 
Lanjutnya, Dulunya Ponpes Al-Kautsar ini memang pernah jaya, santrinya ratusan orang, setelah itu jumlah santri mengalami penurunan drastis hingga tinggal belasan orang saja. Tetapi sekarang di bawah kepemimpinan mudir yang masih muda Ustadz Dafri Harweli ponpes kita kembali sudah bersinar. Bahkan sinarnya terang, menyinari negeri hingga ke provinsi tetangga, terbukti dengan banyaknya santri yang masuk dari daerah luar seperti Riau, Jambi, dan Bengkulu bahkan Batam. Untuk dalam negeri hampir semua daerah di Sumbar ada santrinya. 
Tambahnya, Ke depan ponpes dihadapkan dengan tantangan untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang lebih memadai. 
Sementara itu, Kepala Pondok Pesantren Dafri Harwelu menyampaikan Audiensi ini dalam rangka menyampaikan laporan perkembangan Pondok Pesantren, persiapan penyambutan tahun ajaran baru TP 2018/2019 dan rencana pembuatan master plan pengembangan ponpes jangka panjang.
Dafri menyampaikan dalam laporannya bahwa saat ini santri Al-Kautsar sudah hampir 300 orang, semuanya mukim atau tinggal di asrama. "Akan tetapi daya tampung asrama kita sudah tidak mencukupi lagi, jadi ke depan kita butuh tambahan rusunawa 1 Unit lagi. Ponpes juga butuh tambahan lokal sebanyak 5 kelas, 1 unit rumah singgah untuk para orang tua santri dan 1 buah ruang labor. Besar harapan nanti akan ada bantuan dari para donatur atau instansi untuk mewujudkannya," ujarnya. 
Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Bachtiar juga menambahkan perlu di buat regulasi yang jelas untuk seluruh lembaga pendidikan muhammadiyah yang ada di Sumbar agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. 
Selanjutnya, Sekretaris PW Muhammadiyah Sumbar, Nurman Agus yang menjadi moderator dalam Audiensi ini juga meminta Ponpes Al-Kautsar untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam memajukan lembaga pendidikan Muhammadiyah.
Menurutnya, Sesuai dengan arahan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa ke depan di Sumbar Harus ada lembaga pendidikan Islam yang besar dan menjadi rujukan bagi umat di Sumatera barat. Dan di harapkan ponpes Al-Kautsar bisa menjawab tantangan tersebut. (RI)

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil

Buya Pulang Kampung