Kerjasama: Menuju UMSB dan IAIN Bukittingi Unggul

Bukittinggi, SK (17/4/18).
Kerjasama Universitas Muhammadiyah Sumbar dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi ditandatangani oleh Rektor Dr. (Cand) Dra. Novelti, M.Hum dan Dr. Ridha Ahida, M. Hum di ruangan rapat Rektor Kampus Utama IAIN  Bukittinggi, Kubang Putiah, Banuhampu, Agam, Selasa, 17 April 2018.

Penandatanganan Memorandum Kesepahaman (MOU) dan Memorandum Persetujuan Agenda (MOA),  disaksikan oleh Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. Drs. H. Shofwan Karim Elhussein, BA., MA,   Wakil Ketua dan Sekretaris BPH UMSB Drs. H. Adly Etek S dan Dr. Bakhtiar, M. Ag, Wakil Rektor Ir. Yuliesih Purnawati, MP. Serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dra. Hj. Nur'aisyah, M.Ag serta  Kabiro AUAK IAIN Bukittinggi Drs. H. Syahrul Wirda, MM.

Kerjasama kedua institusi itu mencakup ke tiga Dharma Perguruan Tinggi. Baik akademik, pendidikan pengajaran, penelitian, maupun  kemahasiswaan. Di antaranya saling mengisi tenaga SDM bidang studi yg diperlukan kedua pihak. Begitu pula dalam penerimaan mahasiswa baru serta lintas studi mahasiswa baru dan lanjutan utk rumpun ilmu yg diperlukan.

Di dalam program research-development serta penulisan dan penerbitan  jurnal kedua pihak bekerjasama utk meningkatkan kompetensi,  kapasitas dan kapabilitas dosen dan tenaga kependidikan.

Begitu pula dalam pembinaan bakat,  minat dan kecakapan mahasiswa sebagai insan akademik, calon cendekiawan dan warga masyarakat-bangsa yg beriman-bertaqwa kokoh, menjadi teladan akhlakul karimah, sehat, cerdas, kreatif,  demokratis, toleransi, lapang hati dan pikiran bermutu tinggi,  kedua pihak menyusun dan melaksanakan program aksi nyata didukung kemampuan yang dihimpun bersama.

UMSB terdiri atas 11 Fakultas Program S 1: Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi (FE), Fakuktas Kehutanan (FHUT),  Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP, Fakultas Hukum (FH) Fakultas Teknik (FT),  Fakultas Pariwisata (FPAR), Fakultas Pertanian (FAPERTA) Fakultas Kesehatan (FKES), Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIPOL) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FSAINSTEK)  dengan total  29 Prodi (Program Studi).

UMSB pula, mempunyai rogram Pascasarjana Magister Pendidikan Islam dan Hukum Islam di Kampus Padang dan Pascarjana Magister Ilmu Hukum di Kampus Bukittinggi kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selain itu UMSB mempunyai Mahad 'Ali Dirasah Islamiyah wa lughat al-Arabiyah Zubair Bin Awwam dengan Program D2 kerjasama dengan Asian Moslem Countries Foundation (AMCF), atas bantuan dari Filantropi Negara Muslim Timur Tengah dan Asia.

Prodi-prodi telah terakreditasi  B dan Akreditasi Institusi B dari BAN PT. UMSB memiliki 4  Kampus di Padang, Padang Panjang, Bukittinggi dan Payakumbuh. 

Begitu pula IAIN Bukittinggi terdiri atas 4 Program S1: Fakultas Syariah (FSYAR), Fakultas Tarbuiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Fakultas Ushuluddin, Dakwah (FUAD). Juga   Program Pascasarjana (S2). Total  21 Prodi dan di FEBI ada 1 Program D3 Perbankan. Semua sudah terakreditasi mayoritas B dan juga institusi. 

Dengan kerjasama ini diharapkan kedua perguruan tinggi maju bersama dan unggul dalam bidangnya masing sehingga menjadi perguruan tinggi peringkat atas di regional ini. (SK)
Dr. Ridha Ahida, M.Hum dan Dr. (Cand) Dra. Novelti, M.Hum di dampingi kedua pihak UMSB dan IAIN Bukittinggi dengan naskah MOU-MOA di tangannya masing-masing, setelah penandatangan MOU dan MOA, Selasa, 17 April 2018 di Kampus IAIN Bukittinggi. (Foto: Dok)

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Buya Pulang Kampung

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil