Maarif_Telinga ke Bumi

MENYIKAPI KEMISKINAN DI INDONESIA

Syafii Maarif : Para Elit Harus Memasang Telinga Ke Bumi

Sabtu, 01/11/2008 20:50 WIB


klik untuk melihat foto
Syafii Maarif (foto : romi)

padangmedia.com - PADANG – Menyikapi kondisi kemiskinan di Indonesia, menurut Syafii Maarif perlu mendorong kesadaran para elit dalam hal kemiskinan itu. Kesadaran itu perlu ditingkatkan dan ditumbuhkan terus menerus.

“Tingkat kemiskinan di Indonesia mencapai 100 juta dari 225 juta penduduk Indonesia. Hal ini sangat mengkhawatirkan dan memalukan. Perlu kesadaran. Kita meminta politisi dari tingkat terbawah di kabupaten sampai ke tingkat atas. Mereka mesti memasang telinganya ke bumi. Apakah sebetulnya yang diinginkan oleh rakyat, apa yang dibicarakan apa yang dialami dan dibutuhkan oleh mereka,” ungkap Syafii Maarif kepada padangmedia.com, Sabtu (1/11) di Gubernuran Padang usai syukuran yang dilakukan pemprov Sumbar di Gedung Serba Guna Indarung Padang.

Ditambahkan Syafii, wakil rakyat itu seharusnya mempertajam pendengarannya terhadap masyarakat bawah. Jika sebelumnya, saat kampanye, mereka begitu, tapi setelah diatas mereka lupa, lupa daratan. “Merekaperlu disadarkan disadarkan bahwa hidup ini pendek. Dalam hidup yang singkat itu mereka harus berbuat sesuatu yang baik,” katanya.

Menyangkut Ramon Magsaysay tokoh yang namanya diabadikan untuk penghargaan dari Filipinan itu, menurut Syafii adalah sosok yang pantas diteladani. Ia bergerak sampai ke akar rumput. “Saya rasa belum ada tokoh seperti diadi Indonesia. Dan itu harus dimunculkan. Sosok Ramon Magsaysay harus dikenal dan dipopulerkan di kalangan pemimpin kita. Biografi tentangnya harus dibaca oleh para pemimpin kita di Indonesia,” ulasnya. (nit)

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Buya Pulang Kampung

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil