Buya, Isnpirasi Kaum Muda

Buya, Inspirasi Kaum Muda
Minggu, 02 November 2008
Padang, Padek--Magsaysay Award 2008 kategori Perdamaian dan Pemahaman Internasional yang diraih Prof Dr Ahmad Syafii Maarif adalah kebanggan masyarakat Sumatera Barat. Atas dasar itulah, bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, PT Semen Padang (PT SP) menggelar acara syukuran atas keberhasilan

putra kelahiran Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung tersebut. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT SP Endang Irzal dalam acara syukuran yang digelar di Gedung Serba Guna PT SP, Sabtu (31/11). Menurutnya, masyarakat Sumbar khususnya, pantas bangga dan memberikan hormat atas penghargaan yang luar biasa yang diterima Buya Syafii Maarif.

“Kebanggaan tidak hanya bagi negara, tetapi juga bagi masyarakat Sumbar. Kebanggaan tersebut memiliki makna heroik dan motivasi. Justru itu, seyogyanya kita memberikan penghargaan dan dukungan moral kepada beliau dan mensyukuri prestasi pemikiran dan karya beliau dalam kehidupan umat, bermasyarakat, berbangsa, bernegara,” ujarnya. Menurut E Irzal—yang disebut sebagai orang yang cakap oleh Buya Syafii Maarif—syukuran itu sebagai motivasi bagi warga Sumbar baik alim ulama, ilmuwan, akademisi dan cendekiawan. Secara khusus lanjut Irzal menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk mencapai prestasi tinggi di forum nasional bahkan internasional.

“Sebenarnya kita telah memiliki tokoh-tokoh muda yang berprestasi di tingkat nasional. Mereka dengan prestasi profesionalnya memimpin di berbagai perusahaan-perusahaan terkemuka di republik ini, swasta maupun BUMN,” jelasnya. Tokoh muda Sumbar menurut E Irzal muncul tanpa diduga dan mengawali karir dari bawah tetapi masyarakat Sumbar tidak mengikuti kiprah mereka sejak awal.

Apresiasi: Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi menyerahkan penghargaan kepada Buya Ahmad Syafii Maarif saat syukuran Magsaysay Award di Gedung Serbaguna PT Semen Padang, kemarin.

“Barangkali hal ini yang perlu di-setting lagi. Jadi sejak awal kita bisa berperan memberikan arahan dan motivasi sehingga mereka mantap menapaki karir dan prestasi serta berperan membangun Sumbar ke depan,” lanjut putra Payakumbuh ini.

Dijelaskan E Irzal yang juga dinilai Buya Syafii Maarif layak memimpin daerah, atas keberhasilannya memajukan PT SP mengharapkan prestasi buya yang memujinya dapat memacu semangat tokoh-tokoh Sumbar, terutama tokoh-tokoh muda sebagai generasi penerus. “Kita mengenal Buya Syafii Maarif sebagai tokoh yang memiliki komitmen. Untuk itu langkah dan jejak beliau pantas kita ikuti. Jadi, mari bertekad memberikan karya terbaik,” ungkapnya. Bentuk kebanggaan Sumbar lainnya, Masjid Raya yang tengah dibangun, juga didukung oleh PT SP.

Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk suntikan dana sebesar Rp1 miliar. E Irzal mengatakan, bantuan untuk pembangunan Masjid Raya tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT SP sebagai program wajib bagi seluruh BUMN di tanah air. “Selain bantuan ini, program CSR juga kita berikan dalam bentuk pinjaman modal pada program PKBL. Bantuan ini, adalah bantuan hibah layaknya bantuan pendidikan, kesehatan dan pembangunan sarana umum di sekitar lingkungan perusahaan,” jelas E Irzal. (dy)

< Sebelumnya Selanjutnya >

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Buya Pulang Kampung

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil