Muhammadiyah Sumatera Barat, Wajib Memajukan Umat Dan Bangsa

 



https://suaraindonesia-news.com/wp-content/uploads/2015/12/IMG_20151228_010517.jpg

suaraindonesia-news.com

Muhammadiyah Sumatera Barat, Wajib Memajukan Umat Dan Bangsa - Suara Indonesia News

admin

Reporter : Hasan

Padang, Suara Indonesia-News.Com – Setelah direalisasikannya perhelatan Musyawarah Wilayah Ke-41 Muhammadiyah Sumatera Barat, di asrama haji embarkasi Padang, Minggu (27/12/2015). Akhirnya pucuk Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumbar) di amanahkan kepada Dr. Shofwan Karim Elha untuk periode 2015-2020.

Meskipun dengan status barunya sebagai ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. Shofwan Karim Elha merasa dirinya bukanlah orang terbaik dari yang lain, namun dirinya hanyalah di amanahkan dan harus bisa bersinergi dengan 12 pimpinan lainnya, yang disampaikan dalam puncak atau acara penutupan Musywil Ke-41 Muhammadiyah.

Dikonfirmasi melalui telepon seluler pribadinya, Dr. Shofwan Karim Elha menyatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, diantaranya urusan internal Muhammadiyah itu sendiri dengan melakukan pembenahan dan revitalisasi persyarikatan sebagai gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar yang cerah dan berkemajuan menurut kaidah manajemen,  kepemimpinan sosial yang dinamis dengan keanggotaan aktif dan kader yang dinamis.

“Di internal dulu kita lakukan pembenahan, biar kerjanya nanti sesuai dengan visi-misi kita, terutama menjadikan keanggotaan yang aktif dan kader yang dinamis”. Paparnya

Dr. Shofwan Karim Elha juga menambahkan, baru setelah itu urusan Eksternal dengan mencerahkan dan memajukan Muhammdiyah berarti memajukan umat dan bangsa. Untuk lokalitas Sumbar, Muhammadiyah terus berkontribusi secara aktif utk meningkatkan kemajuan Sumbar.

“Iya untuk lokalitas Sumbar, Muhammadiyah harus berkontribusi meningkatkan kemajuan Sumbar, yang artinya juga dengan memajukan Muhammadiyah berarti memajukan Ummat dan Bangsa ini”. Tutupnya

Dr. Shofwan Karim Elha terpilih melalui proses pemilihan di Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sumbar Ke-41, dengan musyawarah tim formatur 13, termasuk dirinya.

Dalam proses pemilihan itu hanya memakan waktu sebentar, karena dari formatur 13 ini mayoritas langsung menyepakati Dr. Shofwan Karim Elha yang sekaligus mendapat suara terbanyak dalam pemilihan tim Formatur.


Sumber: 28 Desemeber 2015:

https://suaraindonesia-news.com/muhammadiyah-sumatera-barat-wajib-memajukan-umat-dan-bangsa/

harianhaluan.com

Muhammadiyah Maju, Cerminan Majunya Sumbar - Harian Haluan


PADANG, HALUAN – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Shofwan Karim Elha meminta warga Muhammadiyah untuk aktif dan kompak dalam membangun Muhammadiyah ke depan. Jika Muhammadiyah maju,  maka itu merupakan cerminan majunya Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan Shof­wan Karim saat ber­kunjung ke kantor Harian Haluan Rabu sore, (23/3). Ikut hadir dalam kesem­patan itu Sekretaris Mu­hammadiyah Sumbar Adrian Muis, Wakil Ketua Dasman Lanin dan Muslim Tawakal, Bendahara Abdur­rhaman, Ketua Kwarwil Hizbut Wathan Apris Ya­man, Hendri Novigator, Sekretaris Pemuda Muham­madiyah Rafiqul Amin, Se­kre­taris Tapak Suci, Zul­fakhri dan Humas Muham­madiyah Nur Rahmat.

“Hampir 80 persen war­ga Sumbar merupakan war­ga Muhammadiyah. Hanya saja saat ini organisasinya besar tapi apa yang dilaku­kan masih terlihat kecil, sehingga butuh kekom­pa­kan,”  terangnya di depan P­e­mim­pin Umum Haluan Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan Haluan (PP) David Ramadian, dan Redaktur Pelaksana Ismet Fanany.

Dalam kesempatan itu Shof­wan meminta adanya kerjasama antara Harian Haluan dengan Muhammadiyah terutama dalam bidang Pendidikan, Kesehatan dan juga Ekonomi.

“Kita ingin partnership de­ngan Haluan karena Muham­madiyah selama ini tidak punya media. Diharapkan dengan beker­jasama dengan Haluan dapat mem­pu­blikasikan apa pun kegia­tan Muhammadiyah dalam mem­­bangun masyarakat,” katanya.

Pemimpin Umum (PU) Ha­luan,  Zul Effendi menyambut baik rencana tersebut. Menu­rutnya apa yang diperjuangkan Muhammadiyah sejalan dengan cita-cita Haluan yang punya motto “mencerdaskan kehidu­pan masyarakat”.

“Apa yang menjadi harapan Muhammadiyah juga menjadi harapan Haluan. Karena selama ini Haluan fokus dan konsen dengan isu-isu pendidikan, ke­sehatan dan ekonomi yang juga diperjuangkan Muhammadiyah. Sepanjang untuk kebaikan dan membangun Su­matera Barat, Haluan sangat ter­buka dan pasti mendukungnya ,” kata Zul Effendi.

Ditambahkan Shofwan, Mu­ham­madiyah bukan organisasi yang eksklusif.  Ke depan Mu­hammadiyah akan terus menjalin komunikasi dengan MUI, Bundo Kanduang, tarekat, dan juga dengan LDII.

“Kenapa dengan sesama kita tidak saling bertegur sapa, tentu tidak elok. Ke depan inilah yang akan kita bangun bagaimana bisa menjalin komunikasi dan kede­katan,” ucapnya.

Dr Drs H. Shofwan Karim Elha, MA pada periode sebelum­nya (2000-2005) juga pernah memimpin PW Muhammadiyah. Mantan Rektor Universitas Mu­hammadiyah Sumbar ini, terpilih kembali dalam Muswil ke-41 Muhammadiyah Sumbar di Pa­dang pada 26-27 Desember 2015. Shofwan menggantikan Ketua PW Muhammadiyah periode 2010-2015 Prof Dr Rusydi AM,LC.

“Pengurus baru PW Muham­madiyah ini akan dilantik terpa­du dengan Organisasi Otonom di Monumen Nasional Tanah Datar pada 3 April mendatang. Insya Allah akan dihadiri sekitar 1.500 tamu dan undangan,” kata Sho­f­wan.

PW Muhammadiyah Sumbar kini memiliki sumber daya yang besar, antara lain memiliki 780 ranting, 147 cabang dan 19 pim­pinan daerah, delapan organisasi otonom, lebih 300 unit pen­didikan, 47 panti asuhan, rumah sakit, klinik, 14 BMT dan hamper 2.000 mubalig.

“Organisasi yang besar de­ngan cita-cita yang besar juga memiliki tantangan yang besar. Untuk itu, memang perlu keber­samaan dan dukungan dari semua pihak, terutama warga Muham­madiyah,” ujar Shofwan.  (h/isr)

Sumber 24 Maret 2016:

https://www.harianhaluan.com/padang/pr-10187126/muhammadiyah-maju--cerminan-majunya-sumbar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shofwan Karim, Obituari Buya Mirdas Ilyas (3): Satu Rumah-Posko Bersama

Sejarah Tahlilan