Kunjungi Muhammadiyah, Dubes AS Apresiasi Kebebasan Beragama di Indonesia

Kunjungi Muhammadiyah, Dubes AS Apresiasi Kebebasan Beragama di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan mengunjungi kantor PP Muhammadiyah pada Selasa (15/10/2019). Kedatangannya disambut langsung Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir.
Pertemuan tersebut telah direncanakan sejak awal 2019 oleh Donovan namun belum ada waktu yang tepat bagi kedua pihak untuk mengadakan pertemuan.
Adapun pertemuan tersebut merupakan agenda rutin bagi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk melakukan konsultasi dengan pemimpin Indonesia baik dari lembaga sipil maupun organisasi keagamaan. Pertemuan tersebut membahas beberapa poin penting, terlebih hubungan antara AS dan Muhammadiyah.
Kedutaan Besar AS mengapresiasi Muhammadiyah sebagai organisasi yang telah memberikan contoh kuat kepada dunia tentang penghormatan akan kebebasan beragama dan pentingnya keberagaman. Selain itu, mereka juga membahas tentang kesuksesan kerja sama antara Muhammadiyah dan Kedutaan Besar AS dalam bidang pendidikan dan kesehatan.
Beberapa hasil nyata kemitraan tersebut juga dibahas, beberapa di antaranya adalah literasi media, gerakan antikorupsi dan juga kesehatan publik. 
Selain isu nasional, masalah yang menjadi perhatian dunia pun turut dibahas. Pihak Kedutaan Besar AS untuk Indonesia terus mendukung dan mendorong Muhammadiyah dalam menyuarakan keprihatinannya terhadap aksi represif yang terjadi di beberapa negara tetangga, salah satunya China.
Walaupun Donovan tidak mengatakan adanya kerja sama perihal masalah tersebut, namun ia tetap menyorot hal tersebut sebagai keprihatinan kedua belah pihak. Pihaknya dan Muhammadiyah sama-sama sepakat bahwa isu kemanusiaan yang terjadi saat ini merupakan salah satu masalah terbesar dan membutuhkan lebih banyak pihak internasional untuk terlibat di dalamnya.
Duta Besar AS yang sudah bertugas di Indonesia sejak 2016 itu pun sempat menyinggung penyelenggaraan Pemilu 2019 yang telah berlangsung di Indonesia.
"Saya mengucapkan selamat atas pemilu yang berlangsung beberapa waktu lalu. Itu merupakan sejarah pembangunan demokrasi bagi Indonesia. Saya siap untuk bekerja sama dengan pemimpin terpilih di masa mendatang," ujar Donovan pada konferensi pers usai pertemuannya dengan pihak Muhammadiyah.


Comments

Popular posts from this blog

Fak Kehutanan UMSB

Izzul Muslimin: Dari Muktamar 41 ke 48 Surakarta