Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar



http://minangkabaunews.com/artikel-13769-ribuan-umat-islam-salat-idul-adha-di-halaman-kantor-gubernur-sumbar.html

Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar

Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar
PADANG - Ribuan umat Islam tumpah ruah di Halaman Kantor Gubernur Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Sumbar, Jumat (1/8/2017). 

Warga Padang berdatangan dari berbagai arah sejak 06.00 WIB. Salat Idul Adha sendiri dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Sholat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur dengan khatib oleh Ketua PW Muhamadiyah Sumbar Shofwan Karim. Khotbah sholat Idul Adha yang disampaikan adalah "Meraih Kemuliaan Dengan Berkurban." Idul Adha erat kaitanya dengan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad. Ibadah Idul Adha memiliki 3 makna penting. 

Pertama, ibadah haji merumuskan dan memfromulasikan akidah menjadi kokoh-tangguh. Kedua, memperkokoh persatuan, kesatuan, kebersamaan untuk membangun kehidupan lahiriah dan batiniah.

Ketiga, ibadah kurban, maknanya mengurbankan sesuatu di dalam hidup dengan keikhlasan kepada Allah. Dengan semangat berkurban, kita tingkatkan iman dan taqwa untuk menjadi umat yang pandai bersyukur. Wujud rasa syukur kepada-Nya atas karunia yang telah banyak. Berkorban untuk kesejahteraan dan kemanfaatan. 

Menanamkan kesetiaan sesama manusia. Saling mendekatkan diri, untuk selalu peduli dan kerja bersama dan sama-sama bekerja. Hal itu dapat dikaitkan pula dengan tema satu bulan peringatan HUT RI ke 72, Indonesia Kerja Bersama dan di dalam pribahasa Minang, Basamo Mako Manjadi. (RI)

Comments

Popular posts from this blog

Senang, Gembira dan Bahagia: Wakaf Prof. Dr. H. Sidi Ibrahim Buchari, M.Sc.

Buya Pulang Kampung

Komplek Pendidikan Muhammadiyah Hj Adang Fatimah Djalil