TEORI GENERASI SILATURRAHIM LEBARAN

Teori Generasi Silaturrahim Lebaran

Oleh Shofwan Karim

Published by Harian Haluan, 3 Juli 2016

 

Karl Mannheim menulis (1923), “ProblemaGenerasi.  Ini semi-teori penataan generasisebagai  fenomena sosiologisKatanyasetiapinsan amat terpengaruh sejarah sosial-lingkungan. Bersangkutan dengan urusandominan dengan melibatkan diri aktif di masamuda



 

Kepribadian berbasis pengalaman. Membentuk diri menjadi agen perubahanMemberi sahampembentukan generasi berikutnya.  TeoriMannheim dikritik. Kurang perhatikanpemahaman lintas budaya.

 

William Strauss dan Neil Howe di ujung 1980-an, menulis serial buku generasi. Berpijakkepada biografi pergantian generasi di Amerika.Strauss membahas ledakan bayi dan dampak pasca perang Vietnam, (1977) dan (1978). How mengajukan analisis perilaku generasi 1980-an.

 

Belakanganpakar lain mengembangkansemangat dan fokus berbeda.  Maka teori  yangberpusar fenomena  Barat, orientasi Amerikamenjadi teori generasi global.

 

Bagai banjir Nabi Nuh,  peradaban teknologiinformasi (TI) meluap ke setiap jengkal kulitbumi.  Maka teori generasi dikaitkan sangatserius kepada perilaku kehidupan sehari-hari.Teori generasi perilaku di tempat kerja. Para manajer penuh perhatian kepada perilaku partnerstaf dan kolega kerja.

 

Turunannya muncul teori perilaku manusia baru.Dampak teknologi informasi yang super-cepat,canggih serba instan terhadap generasi yang lebih mencakup dan luas. Bahkan  menyentuhseluruh nafas makhluk hidup manusiahewan,  tumbuhan, planet dan galaxy

 

Untuk manusia muncullah teori 6 generasi. (1) generasi senyap (silent generation), lahir 1930-1946; (2) generasi ledakan bayi (baby boomer), lahir 1946-1964, (3generasi X, lahir 1965-1980; (4generasi Y, lahir 1981-1994;  (5) generasi Z, lahir 1995-2010; dan (6generasiAlpha, lahir 2011-2025. Empat belakangandisebut juga iGeneration, g-Net atau generasiinternet. Merekalah generasi X , generasi Y , generasi Z dan Alpha.

 


Maka generasi  X, Y, mayoritas ramah  TIGenerasi Z dan Alpha  adalah yang paling mahirdan paling canduTanpa TI sepertinya merekatidak bisa benafas. Sepanjang 24 jam gadgetbagai lebih dekat dari urat leher mereka.

 

Mereka boleh lupa tidurmakankerja apalagiibadah. Tetapi mereka takkan pernah lupatelepon pintar, computer, laptop, tablet, iPad, head-sett, blue-tooth, wi-fi, 3 dan 4 G, file, doc,memory card, Android, Apple, Windows, Macintosh, video, stream-line, you tube, face book, path, line, weChatgoogle-chrome, google-search, dan seterusnya. Sementaragenerasi senyap dan baby-boomer banyak pula yang gagap TI.

 

Dan tiba-tiba Idul Fitri sudah di depan hidungMari jemput kesadaran dan opname diri. Paling tidak ada 3 pendekatan: (1) Formalistic-fikih (2) budaya populer (popular religion); dan (3)berpuasa-merayakan Idul Fitri dengan maknahakiki (substantivistic). 



 

Pertamaberpuasa menahan lapardahaga dansemua yang membatalkannyaIkut tarawihDatanglah Idul Fitri.  Merasa sudah beriman danbertaqwaMungkin dapat disebut golonganformalistik-fikih. Beragama sesuai syariat.

 

Kedua, puasa sekedar budaya. Beribadahseberapa kuat dan sebisanya. Pra-Ramadhanmenyirami kuburan dengan air kesturi bertaburbunga rampaiIkut mandi berlimau. Memakaibaju taqwa. Baca Quran tak lancar. Shalattarawih seadanya. Rakus santapan berbuka danmenu sahur.  Melotot siaran TV penuh lucu dan gelak tawa.

 

Untung ada yang ketiga. Ramadhan membuatdiri makin tawaduk.  Puasa wajib bagai Senin-Kamis membudaya sepanjang hayat.Bersedekahberinfak bagai sarapan harian.Ibadah tarawih selancar marathon pagi. Setelahlebaran shalat malamtahajud menjadi canduPersiapan pangansandang dan papanmenyambut lebaranbukan target.

 



Bagai taushiyah Imam Al-Gazali, yang pertamadan kedua adalah puasa kaum awam. Dan yang ketiga adalah puasa mereka yang disebut khawasdan khawasil khawas.

 

Walau begitusegmen formalistikpopuler danhakiki tadisemua sepakat menjunjung tinggisilaturrahim lebaran. Idul Fitri adalah hari suciuntuk saling memaafkan. Namun di dalamekspresi dan aktualisasi silaturrahimtentu saja generasi senyap dan generasi ledakan bayi(generasi 1 dan 2)  akan terbiasa dengan tatapmuka dan sentuhan salaman fisik lahiriah

 

Kurang afdal dan tipis sentuhan Idul Fitri kalautak berkunjung  atau tak dikunjungiInilahgenerasi “mudik lebaran” yang hampir sulitdiubah. Kampung halaman dan sentuhan salamsanak-keluarga bagaikan mutlakGenerasibertulis surat dan kartu lebaran.

 

Akan tetapi bagi sebagian generasi X dan Y yang cakap TI, sudah mengikuti arus  generasi Z danA alias generasi layar sentuhGenerasi digital. Senang mengolah silaturrahim via dunia maya.Walau sadar atau tidakkadar silaturrahimtergerus

 

Menjadi alay dan abay dari satu benangpercakapan ke benang berikutnyaSetelahwhatsappdan aplikasi medsos lain penuhtinggal hapus alias delete. Semudah menghapuskesalahan dan mungkin pula jasakebaikan dankebenaranSemoga semua kembali suci.***

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shofwan Karim, Obituari Buya Mirdas Ilyas (3): Satu Rumah-Posko Bersama

Sejarah Tahlilan